*

Dongeng Nyata

Dongeng Di Dunia Nyata

Dongeng bukan cuma bisa dinikmati lewat bacaan dan film. Tempat-tempat tertentu pun menyimpan kisah di balik sebuah dongeng. Ada yang berkaitan dengan penulisnya dan ada pula yang menampilkan karakter atau tokoh dalam dongeng seperti berikut ini.

1. Patung The Ugly Duckling dan H.A Andersen
    Kisah The Ugly Duckling atau Si Itik Buruk Rupa karangan Hans Christian Andersen, penulis asal Denmark, diabadikan lewat sebuah patung di Central Park, New York, Amerika Serikat. Patung berupa H.A Andersen yang sedang duduk sambil memegang buku dan seekor itik di sebelahnya ini juga terdapat di Solvang, California, Amerika Serikat.  


2. Patung The Little Mermaid
    Di Pelabuhan Kopenhagen, Denmark, terdapat patung The Little Mermaid. Patung ini merupakan wujud penghormatan terhadap penulis dongeng The Little Mermaid, H.A Andersen. Patung ini telah menjadi ikon kota Kopenhagen dan biasanya dikunjungi oleh para wisatawan. Patung berbentuk putri duyung ini sempat dihadirkan di acara World Expo 2010, di Shanghai, Cina, tahun lalu. 



3. Wisata Dongeng di Jerman
   Jacob Grimm dan Wilhem Grimm atau yang lebih dikenal dengan sapaan Grimm Bersaudara, dikenal sebagai penulis dongeng asal Jerman. Berbagai karya mereka, seperti Cinderella dan Snow White and The Seven Dwarfs membuat nama Grimm Bersaudara menjadi sangat populer. Pantas saja kalau ada patung yang sengaja dibuat sebagai perwujudan penghormatan terhadap Grimm Bersaudara di kota kelahiran mereka, Hanau, Jerman. Sebuah museum juga didirikan di Kassel, Jerman. Selain itu, ada pula sejumlah tempat yang dikaitkan dengan dongeng mereka. Menariknya, semua tempat itu dijadikan sebagai tempat wisata untuk mengenal Grimm Bersaudara dan dongeng-dongeng mereka.

4. Snow White’s Scary Adventures

   Kisah Snow White atau Putri Salju pun bisa dinikmati lewat petualangan yang seru di sejumlah taman bermain Disneyland, seperti di Disney World, Orlando, Florida, Amerika Serikat, Disneyland Tokyo, Jepang, dan Disneyland Paris, Prancis. Putri salju, pangeran, ratu, dan tujuh kurcaci juga biasanya ditampilkan pada pawai-pawai yang diadakan taman bermain ini.

5. Menara Rapunzel

   Rapunzel adalah kisah tentang seorang putri raja yang diculik ketika masih bayi oleh Mother Goels. Rapunzel yang memiliki rambut sangat panjang disekap di sebuah menara sampai remaja. Rambutnya dianggap berkhasiat menyembuhkan dan menjadikan seseorang awet muda. Suatu ketika, Rapunzel kabur dari menara karena menodong seorang pencuri yang tersasar ke menara tersebut. Di negara asal dongeng ini, Jerman, terdapat patung atau menara terkait dengan cerita Rapunzel, seperti yang ada di Old Market of Dresden, Saxony, Jerman, dan di taman dongeng di Ludwigsburg, Jerman. (Foto: Wikipedia & copenhagenpictures.

0 komentar:

Posting Komentar

Mizztique Zone © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute